4 Cara Mudah Melihat dan Mengecek Spesifikasi Komputer Maupun Laptop (PC)

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

4 Cara Mudah Melihat dan Mengecek Spesifikasi Komputer Maupun Laptop (PC) - Kali ini saya sebagai admin dari blog ini akan membuat postingan yang pertama, yaitu mengenai Tutorial cara mudah untuk dapat melihat dan mengecek spesifikasi PC (Personal Computer) baik itu komputer, laptop, notebook maupun Netbook.

Kebetulan saya akan share 4 cara yang sangat mudah namun sangat ampuh dan cepat, yaitu 2 cara menggunakan software dan 2 cara tanpa software. Jadi kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja sehingga kamu bisa pilih salah satu dari cara berikut.

Oh ya sebelumnya kita juga harus mengenali dulu apa itu yang dimaksud dengan spesifikasi dari Komputer. Untuk penjelasan singkatnya kamu bisa melihat langsung di bawah ini, dengan catatan hanya secara ringkas saja.

Komputer, Laptop, Notebook dan netbook

4 Cara Mudah Melihat dan Mengecek Spesifikasi Komputer Maupun Laptop (PC)

Meski mengecek dan melihat spesifikasi Komputer adalah sesuatu yang terbilang sangat mudah untuk dilakukan, namun mungkin ada diantara kamu yang belum tau spesifikasi dari komputer ataupun laptop yang kamu pakai.

Emangnya wajib untuk mengetahui spesifikasi dari komputer ataupun laptop yang kita pakai sehari-hari? Sebenarnya sih nggak wajib namun bagi kamu yang memang ingin mengetahuinya nggak bakal ada salahnya kok

Soalnya dengan mengetahui spesifikasi Komputer ini akan ada keuntungannya khususnya untuk pengguna Laptop, notebook, netbook. Hal ini karena kamu dapat menyesuaikan spesifikasi laptop kamu untuk menjalankan software atau games.

Gambar Komputer dan laptop

Dengan mengetahui spesifikasi dari laptop kamu maka kamu dapat menyesuaikannya dengan minimum systems requirement atau minimal kemampuan sistem yang dibutuhkan. Hal ini karena laptop, notebook, netbook memiliki kemampuan yang rendah meski memiliki spesifikasi yang besar.

Walaupun laptop memiliki spesifikasi yang cukup tinggi, namun penggunaan laptop lebih ditekankan untuk melakukan pekerjaan yang ringan dibandingkan dengan pekerjaan yang berat layaknya yang ditugaskan kepada komputer.

Dengan begitu maka kamu tidak terlalu memaksakan laptop, notebook dan netbook untuk menjalankan program yang diluar kemampuan dari spesifikasi komponennya. Itulah kira-kira kelebihan kalau kamu mengetahui spesifikasi komputer maupun laptop.

Nah untuk itu bagi kalian yang ingin untuk mengetahui spesifikasi dari komputer, laptop, notebook dan netbook yang kalian miliki. Disini saya sudah menyediakannya dalam 4 tutorial yang sangat mudah sekali dilakukan silakan kamu ikuti.

1. Cara Melihat Spesifikasi Komputer Atau Laptop Dengan System Information

Untuk cara yang pertama ini sangat mudah sekali, karena disini kita akan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh sistem operasi windows itu sendiri yaitu "Systems Information" atau dalam bahasa indonesia "Informasi Sistem".

Nah, fitur ini dapat kita manfaatkan untuk melihat spesifikasi komponen dari komputer yang kita gunakan. Untuk caranya pun terbilang sangat mudah karena yang harus kamu lakukan hanya menjalankan langkah-langkah untuk melihat fitur ini.

Tutornyapun sangat mudah, saking mudahnya orang yang pertama kali pegang PC pun bisa melakukannya bahkan mungkin anak kecil pun bisa

Simak langkah-langkahnya di bawah ini

  • Buka windows explorer bisa dengan menekan tombol windows + E pada keyboard
  • Klik kanan my computer (windows xp, windows 7, windows 8) atau klik kanan pada This PC (windows 8.1, windows 10) lalu pilih Properties
    Klik Kanan This PC Pilih Properties
  • Maka pengunjung dapat melihat spesifikasi Komputer dari mulai tipe processor, kecepatan processor, besar RAM dan berapa banyak RAM yang dipakai system, para pengunjung juga dapat melihat windows sudah aktif atau belum dan windows yang dipakai
    Spesifikasi PC di System Properties

Yap sekarang kalian pun sudah bisa melihat spesifikasi PC milikmu dengan fitur bawaan windows ini, bahkan kamu pun bisa mengetahui status windows kamu dan product idnya.

Dengan cara ini kamu bisa melihat versi system operasi kamu, tipe processor dan kecepatannya, besar RAM yang ada dan juga besar RAM yang terpakai system, tipe sistem operasi 64 bit atau 32 bit.

2. Cara Melihat Spesifikasi Komputer Atau Laptop Dengan DXdiag

Selanjutnya di cara berikutnya ini kita juga akan melakukannya seperti cara pertama, yaitu dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh windows itu sendiri.

Yap kali ini kita akan menggunakan fitur yang bernama DXdiag. Fitur ini support untuk semua versi windows mulai dari windows XP. Dengan fitur ini kamu dapat mengetahui spesifikasi dari komputer maupun laptop kamu dengan mudahnya.

Dengan cara ini spesifikasi yang ditampilkan lebih lengkap daripada cara sebelumnya meskipun ini juga merupakan fitur bawaan windows juga.

Caranya sangat mudah pula, bahkan anak kecil pun bisa melakukannya baik itu yang nggak bisa pakai teknologi maupun yang bisa

Simak langkah-langkahnya di bawah ini

  • Buka run bisa dengan menekan tombol windows + R pada keyboard
  • Kemudian ketikkan kata "dxdiag" tanpa tanda kutip
    Ketik dxdiag pada run
  • Maka pengunjung dapat melihat spesifikasi Komputer mulai dari tipe processor dan kecepatannya kemudian pengunjung juga bisa melihat besar RAM dan untuk melihat spesifikasi VGA silakan pindah ke kolom display
  • Pada kolom System kamu dapat melihat versi dari windows kamu beserta 64 bit atau 32bitnya, lalu kamu juga bisa melihat system manufacturer dan system model, melihat bios, melihat tipe processor dan kecepatannya, melihat jumlah memory (RAM), melihat besar pagefile dan melihat directx version
    Spesifikasi PC di dxdiag
  • Pada kolom display kamu bisa tahu informasi mengenai VGA yang ada pada komputer maupun laptop kamu  mulai dari name, manufacturer, chip type, DAC type, approx. Total Memory, Current Display Mode, Monitor
    Spesifikasi VGA di dxdiag

  • Di kolom sound kamu dapat melihat device sound yang dipakai oleh komputer maupun laptop kamu

Spesifikasi Sound di dxdiag

Cara kedua ini untuk cara melihat spesifikasi Komputer informasi yang disajikan lebih rinci dibandingkan dengan cara pertama untuk cara melihat spesifikasi Komputer , karena di cara kedua untuk cara melihat spesifikasi Komputer ini dapat melihat informasi yang lebih rinci yaitu dapat melihat informasi VGA dan bila ingin melihat informasi lebih rinci silakan lanjut baca di cara ketiga.

3. Cara Melihat Spesifikasi Komputer atau Laptop Dengan CPU-Z

Jika 2 cara sebelumnya kita menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh windows itu sendiri, maka kali ini kita akan mencoba dengan cara yang berbeda dengan tidak memanfaatkan fitur yang ada. Cara kali yaitu menggunakan program dari pihak ketiga.

Yap kita kali ini akan menggunakan program dari pihak ketiga atau pihak lain asal jangan pihak dunia lain :v. Program ataupun software ini bernama CPU-Z yang mungkin tidak asing lagi bagi kamu karena mungkin kamu pun sering memakainya.

Cpu-Z ini merupakan yang dibuat oleh developer CPUID.com yang memiliki fungsi untuk melihat dengan menganalisa supaya kita mengetahui spesifikasi dari komputer, laptop, notebook dan netbook yang kita miliki saat ini.

Dengan menggunakan software bernama CPU-Z ini, informasi mengenai spesifikasi PC yang ditampilkan lebih lengkap dan komplit dibandingkan dengan menggunakan fitur yang sudah disediakan oleh windows

Cara penggunaanya pun terbilang sangat mudah karena kita hanya perlu download kemudian install software ini selanjutnya buka deh (anak kecil pun bisa melakukannya).

CPU-Z Logo
CPU-Z
Pengecek spesifikasi PC
Download

Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Install terlebih dahulu software CPU-Z
  • Kemudian buka dan maka pengunjung sekalian bisa melihat informasi rinci tentang spesifiksi Komputer 
  • Pada kolom CPU pada CPU-Z, kamu dapat melihat detail dari CPU yang ada di komputer kamu. Mulai dari informasi mengenai nama processor yang kamu gunakan sampai core speed dan bus speed (bisa kamu lihat pada gambar di bawah)
    CPU-Z 1.74 CPU
  • Berikutnya pada kolom mainboard di CPU-Z, kamu bisa lihat informasi dari mainboard komputer maupun laptop kamu. Mulai dari Manufacturer, modelnya maupun Chipset. Disini kamu juga bisa melihat informasi Bios kamu mulai dari brand, versinya sampai tanggalnya.
    CPU-Z 1.74 Mainboard
  • Selanjutnya pada tab memory di program CPU-Z ini, kamu bisa melihat type dari memory kamu seperti yang terlihat di bawah bahwa type RAM Laptop saya DDR3 dan informasi mengenai sizenya.
    CPU-Z 1.74 Memory
  • Lalu pada tab SPD pada software CPU-Z ini, kamu dapat melihat slot RAM kamu dan melihat masing-masing informasi dari RAM yang terpasang pada Komputer maupun Laptop kamu
    CPU-Z 1.74 SPD
  • Terakhir pada tab Graphics di aplikasi CPU-Z ini, kamu dapat melihat informasi mengenai graphics card atau VGA kamu mulai dari namanya, corenya bahkan sampai besar size dari VGA tersebut
    CPU-Z 1.74 Graphics

Nah berbeda dengan melihat spesifikasi komputer, laptop, notebook dan netbook dengan menggunakan fitur systems information maupun DXdiag. Karena dengan CPU-Z ini kamu dapat mengetahui spesifikasi dari PC kamu dengan lebih mendetail dan lebih akurat lagi.

4. Menggunakan Software Speccy

Untuk cara keempat ini, kita juga akan sama persis dengan cara sebelumnya. Karena disini kita juga akan menggunakan program maupun software dari pihak dunia lain...eh salah maksudnya pihak lain atau sering disebut pihak ketiga.

Sama seperti sebelumnya tidak akan menggunakan fitur yang sudah disediakan windows untuk melihat spesifikasi komputer maupun laptop kita, karena kita disini akan selingkuh dengan program yang bernama Speccy yang fungsinya sama dengan CPU-Z.

Yap, Speccy ini merupakan software yang dibuat dengan tujuan agar kita selaku pengguna dapat mengatahui secara detail informasi komponen-komponen yang terdapat pada PC milik kita.

Untuk cara penggunaannya pun sangat mudah sekali atau very easy dalam tingkatan game, karen kamu hanya perlu install software bernama speccy ini lalu kamu tinggal buka dan taraa spesifikasi komputer kamu dapat kamu ketahui (lagi-lagi anak kecil pun pasti bisa melakukannya)

Speccy Logo
Speccy
Software Pelihat Spesifikasi PC
Download

Simak Langkah-langkahnya:

  • Download Softwarenya
  • Kemudian install
  • Lalu buka, maka kamu sudah bisa melihat rincian spesifikasi PC kamu
  • Pada Tab Summary pada software speccy ini, kalian dapat melihat spesifikasi dari laptop kalian secara singkat mulai dari operating systems, CPU, RAM, Motherboard, Storage, Optical Drive lalu Audio
    Speccy Summary
  • Selanjutnya pada tab operating systems di program speccy ini, kalian dapat melihat dengan lebih detail lagi sistem operasi yang digunakan oleh laptop kalian. Disini kita dapat melihat dengan lebih lengkap lagi
    Speccy Operating Systems
  • Lalu pada tab CPU di program speccy sama seperti dengan CPU-Z, kalian bisa mengetahui informasi CPU dengan sangat lengkap dan detail seperti cores maupun threads
    Speccy CPU
  • Selanjutnya pada tab RAM, kita dapat melihat detail mengenai RAM Laptop maupun notebook kita dengan detail dan sangat lengkap disediakan oleh program Speccy. Mulai dari memory slot, slot yang telah terpakai, type memory, jumlah memory dan channels
    Speccy RAM
  • Kemudian di tab motherboard pada Speccy ini sama dengan tab Mainboard pada CPU-Z yaitu memperlihatkan detail lengkap dari motherboard/mainboard laptop kita mulai dari modelnya, versi biosnya ataupun chipset model
    Speccy Motherboard
  • Terakhir pada tab Graphics speccy sama halnya dengan tab graphics pada CPU-Z yaitu menampilkan informasi lengkap serta detail dari VGA Laptop kita
    Speccy Graphics

Oke, itulah caranya untuk kalian mengetahui spesifikasi komputer maupun laptop menggunakan software dari pihak ketiga bernama Speccy. Sama halnya dengan CPU-Z, Speccy juga menampilkan informasi yang lebih detail serta akurat

Selain itu speccy ini merupakan software freeware, sehingga kamu bebas menggunakannya tanpa terbebani biaya sedikit pun. Namun ada juga lho versi berbayarnya jika kalian membutuhkan versi pronya tapi versi gratis juga nggak masalah

Kesimpulan

Sekarang kalian semua sudah mengetahui cara untuk mengetahui spesifikasi laptop maupun komputer. Nah sengaja saya berikan 4 cara yang terdiri dari 2 cara yang super mudah untuk yang nggak mau ribet dan 2 cara mudah untuk yang menginginkan informasi yang lebih detail dan lengkap.

Jadi jika kalian merasa informasi mengenai spesifikasi PC yang dihadirkan oleh fitur bawaan windows kurang, maka kalian dapat menggunakan software dari pihak ketiga seperti speccy dan CPU-Z untuk lebih detail lagi.

Dengan begini kalian akan lebih mengenal PC milik kalian lebih dekat lagi, masa PC yang sudah menemanimu setiap saat tidak kamu kenal sama sekali.

Padahal bisa saja PCmu pun bosan melihat wajahmu terus menerus, jadi malu lah kalau nggak tau komponen PC sendiri, padahal cara untuk mengtahuinya juga mudah.

Referensi Artikel:
https://jalantikus.com/tips/cara-gampang-cek-spesifikasi-komputer-dan-laptop
http://www.pintarkomputer.org/2015/02/cara-melihat-spesifikasi-laptop.html

Developer Software:
http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html
https://www.piriform.com/speccy (http://www.sepukom.blogspot.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

First
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

0 Response to "4 Cara Mudah Melihat dan Mengecek Spesifikasi Komputer Maupun Laptop (PC)"

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar