Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Windows (XP, 7, 8, 8.1, 10) Secara Manual

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Windows (XP, 7, 8, 8.1, 10) Secara Manual - Sebelumnya saya sudah share "2 Cara Mudah Mengecek Kecepatan Internet (Speed Test) Secara Akurat", kali ini saya akan share tutorial lainnya yang nggak bakal kalah mudahnya dibandingkan tutorial sebelumnya tersebut.

Yap kali ini saya akan share tutorial "2 Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Windows 8.1". Namun meski dibilang untuk windows 8.1, tutorial ini juga dapat dilakukan di windows 7 maupun windows XP.

Oke, mungkin kalian bertanya-tanya kenapa kita harus memperbarui windows atau dalam bahasa inggris update windows, Untuk itu sebelum kita membicarakan tahap-tahapnya, kita sendiri harus tahu dulu pentingnya untuk mengupdate windows.

Thumbnail 2 Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Windows 8.1

Pentingnya Update atau Memperbarui Windows

Oke, mungkin ada diantara kalian yang sering bertanya mengenai alasan update windows itu penting atau bahkan bertanya perlukah mengupdate /memperbarui windows?. Ada nggak yang sering bertanya begitu? tenang, dulu saya juga sering bertanya seperti itu.

Yap memang pada dasarnya banyak dari sekian orang yang nggak tahu betapa pentingnya update windows. Bahkan menganggapnya sepele bahkan nggak berguna sama sekali, namun perlu kalian ingat bahwa microsoft menyediakan fitur update ini bukan tanpa alasan.

Sama halnya dengan mengupdate software ataupun program yang ada di PC kamu, memperbarui windows itu untuk mengoptimalkan kinerja windows itu sendiri.

Karena namanya juga update atau memperbarui tentunya agar semuanya menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Memang pentingnya untuk memperbarui windows ini terkait dengan fungsi dari fitur ini sendiri.

Bill Gates sendiri menambahkan fitur update ini bukanlah tanpa fungsi yang penting. Oleh karena itu mungkin bagi kamu yang belum tahu sebaiknya kamu ketahui dulu fungsi dari update windows:

Fungsi Update Atau Perbarui Windows

1. Meningkatkan dan Memperbaiki Celah Keamanan Windows
Hacker Penjebol Celah Keamanan

Ini merupakan salah satu dari fungsi update windows, yaitu untuk memperbaiki celah keamanan yang ada pada setiap sistem operasi.

"No Systems Is Safe" mungkin kamu pernah mendengar kata tersebut ataupun melihatnya. Dalam bahasa Indonesia kalian bisa mengartikannya "Tidak Ada Sistem Yang Aman".

Yep, memang pada kenyataannya sampai saat ini belum ada sistem operasi yang memiliki tingkat keamanan dimana sistem tersebut tidak bisa ditembus. Belum ada! dan nggak akan pernah ada! Karena ciptaan manusia nggak ada yang sempurna.

Nah untuk itulah windows diberikan fitur update oleh Bill Gates atau bisa dikatakan oleh pihak microsoft. Hal ini tentunya untuk memperbaiki bila terdapat atau ditemukan celah keamanan yang beresiko fatal bagi sang sistem.

Tentunya microsoft ingin agar sistem operasi ciptaan mereka aman terkendali untuk kenyamanan penggunanya dan sudah barang tentu kalau penggunanya ingin supaya sistem operasi mereka aman.

Hal ini karena dengan adanya celah keamanan, maka kamu bisa saja kecolongan atau kecurian data-data peibadi milik kamu. Terlebih lagi untuk kalian yang sering transaksi online akibatnya akan lebih berbahaya lagi.

Selain itu dengan memperbarui atau update windows maka sistem operasi tersebut akan lebih kebal lagi terhadap serangan virus yang tentunya dapat merusak windows atau bisa menyebabkannya terjadinya error baik error biasa ataupun sampai parah.

Jadi kalian sekarang tahu kalau dengan update windows maka celah keamanan yang ada akan diperbaiki sehingga windows akan lebih aman. Bukankah ini hal penting, kalau iya segeralah update windows kamu.

2, Meningkatkan Kinerja Windows
Kinerja Performance Windows 7 Faster

Selain dari untuk memperbaiki celah keamanan, dengan memperbarui atau update windows maka dapat pula meningkatkan kinerja dari windows itu sendiri.

Yap, selain microsoft terus memperbaiki segala macam celah keamanan yang ada pada sistem operasi ciptaan ciptaan mereka. Tentunya sang microsoft juga ingin dong kinerja dari windows lebih stabil dan tentunya lebih meningkat lagi.

Oleh karena itu microsoft juga menyediakan update sebagai fitur untuk sistem operasi windows, karena dengan ini microsoft dapat meningkatkan lagi dan lagi kinerja dari sistem operasi milik mereka tersebut.

Sudah barang tentu kalian pun menginginkan windows ini memiliki kinerja stabil dan tentunya cepat. Karena mungkin saja kalian memang membutuhkannya untuk menunjang pekerjaan penting kalian.

Jadi, ini adalah salah satu alasan mengapa kamu harus segera update windows atau memperbarui windows kamu. Karena masa kamu nggak ingin kinerja windows kamu lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

3. Memperbaiki Bug Yang Ada Pada Windows
Bug Windows

Sebelum terjadi kesalahpahaman lebih lanjut, saya akan jelaskan dulu mengenai bug yang akan kita bahas ini. Yang dimaksud bug disini bukanlah serangga, namun bug disini memiliki arti sebagai sebuah kesalahan sistem operasi windows itu sendiri.

Sebenarnya celah keamanan pun juga bisa dibilang merupakan bug, tapi dalam hal ini kita akan membahas bug yang lainnya selain dari celah keamanan windows.

Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa tidak ada sistem operasi yang sempurna, dengan kata lain setiap ciptaan manusia memiliki kekurangannya masing-masing.

Hal itu pun tidak terkecuali/berlaku pula untuk windows, karena meskipun sistem operasi populer ini dibuat oleh perusahaan besar microsoft. Namun tentunya windows juga masih memiliki kekurangan (namanya juga karyawan microsoft juga manusia)

Nah, dengan begitu banyak ataupun sedikit tentunya windows memiliki berbagai kesalahan sistem atau dikenal dengan istilah bug.

Untuk mengatasi bug atau kesalahan sistem yang ada pada windows maka oleh karena itulah microsoft memberikan fitur update pada windows/

Hal ini berfungsi supaya kalau mereka sudah menemukan cara untuk mengatasi bug itu maka kamu sudah bisa memperbaikinya dengan memperbarui windows kamu lewat fitur update.

Oke, tentunya kalian nggak mau bukan membiarkan kesalahan sistem di windows kalian tidak segera diperbaiki? nah untuk itu segeralah update windows kamu.

Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui (XP, 7, 8, 8.1, 10) Windows

Windows 1.0 89  3.1 98 2000 xp vista 7 8

Setelah kamu mengetahui bahwa windows update itu merupakan hal yang sangat penting, mungkin kamu ingin segera memperbarui windows kamu sekarang juga.

Sebenarnya update windows sendiri bisa dilakukan dengan sangat mudah, namun mungkin karena kamu nggak bisa melakukannya karena memang nggak pernah melakukannya.

Nah untuk itulah disini saya akan menjelaskan langkah-langkahnya step by step untuk kalian yang memang tidak tahu caranya. Tutornya pun sangat mudah dilakukan, jadi silakan disimak saja.

Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Windows Berlaku Untuk Semua Versi

Untuk kalian yang ingin update windows silakan gunakan cara pertama ini. Tidak peduli kalian menggunakan versi windows apapun cara ini berlaku untuk semuanya.

Meskipun saya mempraktekkannya di windows 8.1, namun cara ini bisa kalian gunakan di windows XP, windows 7, windows 8 bahkan windows 10.

Mungkin yang membedakan hanya tampilan, namun secara garis besar cara ini bisa berlaku untuk semua versi tanpa ada masalah, untuk langkahnya silakan saja disimak:

  • Pertama-tama kalian diwajibkan untuk membuka control panel pada windows
  • Nah untuk kamu yang nggak tahu cara buka control panel bisa dengan menerapkan cara di bawah ini
  • Silakan kamu buka windows Explorer terlebih dahulu bisa dengan menekan kombinasi windows + E atau dengan cara klik ikon explorer seperti gambar di bawah
    Buka Windows Explorer
  • Selanjutnya kamu bisa membuka control panel dengan klik "open control panel" yang ada di atas atau klik dropdown pada this pc kemudian klik control panel
    Buka Control Panel
  • Namun, khusus untuk windows 8 dan windows 8.1 bisa dengan membuka jendela bar yang ada disebelah kanan kemudian klik settings
    Klik Setting di jendela bar windows 8 dan 8.1
  • Selanjutnya klik "Control Panel"
    Klik Control Panel di jendela bar Windows 8 dan 8.1
  • Selanjutnya di control panel silakan search di kolom search "windows update"
    Search Update Windows
  • Kemudian setelah muncul, klik "Check For Updates" untuk memulai mengecek list update
    Klik Check Update Windows
  • Nanti kalau misalkan ternyata windows kamu butuh update maka segeralah update windows kamu
  • Untuk Lama proses update sendiri tergantung pada jumlah file update dan besar updatenya, untuk proses install diwajibkan untuk reboot dan untuk lama proses install juga tergantung pada jumlah file dan besar sizenya
  • Sayangnya windows saya sudah up to date sehingga saya tidak bisa menunjukkan gambar untuk proses updatenya.
    Up to date windows

Nah, dengan cara di atas maka kamu sudah bisa membuat windows menjadi lebih baru lagi. Setelah selesai segeralah reboot windows kalian untuk segera install hasil update yang sudah di download.

Untuk lama prosesnya sendiri tergantung dari besar dan jumlah update, jadi semakin besar dan banyak tentunya akan semakin lama.

Namun, kalian bisa menunggunya dengan sabar dan pastikan baterai laptop, notebook atau netbook kalian masih banyak jangan sampai di tengah proses install update laptop kalian malah mati.

Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Berlaku Khusus Untuk Windows 8 dan 8.1

Jika sebelumnya kita membahas caranya memperbarui windows untuk semua versi dan berlaku dari windows XP, Vista, 7, 8, 8.1 dan 10. Kali ini saya akan memberikan cara khusus untuk windows 8 dan 8.1.

Sebenarnya kalian juga bisa menggunakan cara di atas untuk memperbarui windows 8 dan 8.1, namun jika kalian ingin tahu cara lainnya khusus untuk windows 8 dan 8.1 maka silakan lanjutkan membacanya.

Oke untuk cara nya sendiri terbilang mudah dan mungkin lebih mudah dari cara di atas. Jadi kalau kamu ingin cara ini silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini

  • Pertama kamu bisa buka dulu jendela bar yang ada di sebelah kanan
    Klik Ikon Search di Jendela Bar
  • Selanjutnya kamu bisa search kata "windows update" di kolom search
    Search Windows Update di Jendela Bar
  • Kemudian setelah terbuka, maka silakan kamu klik "Check now" untuk mulai memeriksa pembaruan yang perlu di download
    Klik Check Windows Update
  • Kalau ada pembaruan, maka segeralah download
  • Lama proses download tergantung dari banyaknya dan besarnya size file update
  • Setelah terdownload segeralah reboot atau restart PC kamu untuk segera install file update di windows kamu 
  • Untuk lama proses penginstallan tergantung dengan jumlah dan besarnya ukuran file update 

Nah itulah caranya untuk memperbarui atau update windows untuk windows 8 dan 8.1. Caranya memang sedikit berbeda akan tetapi hasilnya sama saja kok.

Setelah melakukan pengunduhan file update jangan lupa untuk reboot atau restart PC kamu untuk segera install file update di windows kalian.

Jangan lupa untuk charger laptop kalian bila baterainya sudah mua habis, soalnya kalau saat install update tiba-tiba mati kan bisa gawat.

Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Berlaku Khusus Untuk Windows 10

Logo Windows 10

Jika sebelumnya kita bahas cara update windows khusus untuk versi windows 8 dan 8.1, selanjutnya saya akan share cara memperbarui windows khusus untuk windows versi terbaru yaitu windows 10.

Sebenarnya cara pertama pun juga berlaku untuk windows 10 (namanya juga berlaku untuk semua versi windows). Namun cara kedua hanya khusus untuk windows 8 dan 8.1.

Jadi tidak ada salahnya bila saya juga share cara update windows khusus untuk windows 10, yap khusus hanya untuk windows 10.

Namun, tujuan dari cara ini pun sama yaitu untuk memperbarui windows. Jadi kalian tidak diwajibkan menggunakan cara ini karena cara ini juga memiliki tujuan sama dengan cara pertama.

Akan tetapi kalau kalian ingin menggunakan tutorial yang satu ini yaitu khusus untuk windows 10, silakan kalian simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama silakan kalian buka setting khusus windows 10
  • Untuk caranya kalian klik tombol start pada pojok kiri bawah kemudian klik settings
    Klik start kemudian klik settings
  • Selanjutnya kalian klik "update & security"
    Klik Update And Security
  • Kemudian kalian klik tombol atau tulisan download
  • Jika ada update maka silakan kalian tunggu dengan sabar proses downloadnya
    Tunggu proses download File Update
  • Selanjutnya jika sudah selesai, jangan sampai lupa untuk reboot atau restart PC kalian supaya file update yang terunduh dapat di install

Nah begitulah caranya untuk memperbarui windows khusus untuk windows 10. Secara garis besar sama saja dengan tutor sebelumnya.

Hanya pembedanya yaitu cara ini khusus dan hanya bisa dilakukan di windows 10 saja, nggak bakal bisa di windows 7 apalagi windows XP.

Namun apapun caranya minumnya tetap teh botol so*ro eh... maksudnya tujuan tetap sama saja. Jangan lupa untuk memastikan laptop kalian tidak kehabisan baterai ketika melakukan proses update.

Beberapa Pandangan Negatif Mengenai Update Windows

Pandangan Negatif atau Negatif Think

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud pandangan negatif terhadap update windows? Gini maksudnya, windows update dianggap negatif atau bisa dibilang tidak baik dari pandangan.

Yap, mungkin kalian pernah mendengar kalau sebaiknya kita nggak usah update windows dari beberapa orang ataupun banyak orang.

Itulah penyebab mengapa banyak orang yang enggan untuk melakukan update terhadap sistem operasinya, karena adanya banyak pandangan negatif terhadap fitur ini sendiri.

Padahal seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa melakukan update itu penting untuk mengatasi bug-bug pada sistem operasi. Namun, sepertinya masih banyak orang berpandangan negatif terhadap update windows ini.

Lalu, apa sajakah pandangan negatif terhadap update windows? Nah, bagi kalian yang belum tahu bisa liat di bawah ini daftar pandangan negatif terhadap update windows yang saya ketahui.

1. Update Windows Bikin Kuotamu Ludes atau Habis
Orang Yang Gelisah Karena Kuota Habis

Yap, banyak orang beranggapan kalau update windows itu bikin kuota habis atau ludes dalam jumlah besar. Hal ini tentunya membuat banyak orang enggan untuk update windowsnya karena nggak mau kuotanya habis.

Namun, meski begitu memang tidak ada lho yang menyarankan untuk update windows menggunakan layanan internet berkuota kalau kalian nggak siap untuk menggunakannya.

Tetapi, sebenarnya update windows itu tidak memiliki size yang begitu besar jika kalian updatenya secara rutin. Akan berbeda bila kalian updatenya sekaligus sehingga tentunya kalian akan merasa keberatan.

Sama seperti belajar kalau rutin tentunya kalian tidak akan keberatan, beda lagi kalau sistem kebut semalam tentunya akan terasa terbebani.

Nah, jadi kalau kamu nggak mau kuota internetmu habis saat update windows maka updatelah secara rutin jangan ditunda-tunda sehingga menyebabkan file update manjadi semakin besar dan menumpuk.

Sekedar info, biasanya microsoft memberikan update terhadap windows setiap sebulan sekali dengan size sekitar ratusan MB saja. Meski sedikit kalau kalian biarkan lama-lama akan jadi bukit lho.

2. Update Windows Bikin Harddiskmu Tambah Penuh
Harddisk atau drive Penuh

Ini adalah alasan lainnya banyak orang malas melakukan update windows, yaitu karena banyak orang berkata "jangan update windows, nanti harddisk kamu penuh lho!".

Sebenarnya ini tidak sepenuhnya salah, karena memang faktanya jika kita melakukan windows update maka harddisk atau drive kita akan berkurang free space (ruang bebas) sebab untuk menyimpan hasil update.


Namun, meski begitu bukannya itu harga yang memang patut dibayar sebab kita memang harus melakukannya. Dan lagi meski mengurangi free space, namun free space tidak akan berkurang sangat besar hanya untuk windows update.

Lalu, saat ini pun sudah banyak orang memakai harddisk internal dengan size besar mulai dari ratusan GB (giga byte) bahkan sampai satuan TB (Tera Byte).  Jadi apa masih harus khawatir free space harddiks kalian penuh.

Selain itu, jika memang kalian membutuhkan free space lebih besar untuk menyimpan file lainnya sehingga tidak mau menghabiskan sedikit free space saja untuk update windows nggak usah khawatir.

Hal ini karena juga sudah banyak orang memiliki harddisk eksternal untuk menyimpan data-data lainnya supaya harddisk internal pada PC tidak penuh.

Nah jadi pada dasarnya kalian nggak usah khawatir, dan lagi pula bukannya windows update itu penting. Ini demi peningkatan sistem operasi kalian, jadi segeralah update.

3. Update Windows Bikin Komputermu Jadi Lemot
Komputer Windows 7 Lemot
Sumber Gambar: http://akuaman.com

Ini juga merupakan alasan banyak orang malas melakukan windows update, karena mereka berpikir bahwa dengan memperbarui windows maka komputer milik mereka akan menjadi lebih lemot dari pada sebelumnya.

Kok bisa gitu, bukannya update windows itu seharusnya meningkatkan kinerja dari sang windows itu sendiri? Nah, dalam beberapa kasus banyak orang mengaku kalau komputer mereka malah jadi lemot setelah update windows.

Namun, selama saya update windows sampai sekarang nggak pernah sekalipun komputer saya menjadi lemot bahkan malah meningkat atau palin tidak minimalnya kinerja sama saja dengan sebelum update.

Jadi, mungkin saja jika komputer kamu lemot setelah update windows ada faktor lain sebagai penyebab kelemotannya tersebut.

Contohnya saja mungkin komputer kalian memang spesifikasinya sangat minim sehingga menjadi lelet karena nggak kuat menahan beban sistem operasi yang membutuhkannya spesifikasi standar.


Namun, apapun alasannya update windows itu merupakan hal penting yang wajib dilakukan. Jadi lebih baik kalian update windows kalian supaya memperbaiki kesalahan-kesalahan sistem operasi windows ini.

4. Update Windows Bikin Windows Banjakanmu diBlacklist
Windows 7 diBlacklist Not Genuine

Ini merupakan alasan khusus untuk para pengguna windows bajakan, yap mereka enggan melakukan update windows karena takut windows miliki mereka terblacklist oleh pihak microsoft jika ketahuan.

Alasan ini merupakan yang paling banyak digunakan orang untuk tidak melakukan update terhadap windowsnya. Kalian tahu sendiri kalau di Indonesia itu kebanyakan pengguna windowsnya bukan ori alias windowsnya itu bajakan.

Tapi, perlu kamu ketahui kalau update windows itu sangat penting untuk memperbaiki kesalahan sistem berupa celah keamanan. Jadi bagi kalian yang khawatir windowsmu di blacklist segeralah beli windows ori/aslinya.


Namun, jika memang kalian nggak punya uang atau modal untuk beli windows ori. Tetaplah update windows kamu untuk memperbaiki kesalahan sistem.

Nanti jika memang benar kalau windowsnya diblacklist, bukannya kamu hanya tinggal mengaktivasinya lagi? simple kan, jadi nggak ada alasan untuk takut diblacklist karena bisa diaktivasi lagi oleh kalian.

Beberapa Tips Ketika Update Windows

Kata Tips Pada Keyboard

Oke, untuk kamu yang ingin update windows saya memiliki beberapa tips nih. Lho emangnya ada ya tips-tips dalam update windows? Yap mungkin kamu belum pernah denger, tapi tips ini patut untuk dicoba olehmu.

Sebenarnya tips ini saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri, jadi bisa dibilang ini merupakan tips dari saya kepada kamu yang ingin melakukan update windows.

Namun, meski dari pemikiran saya bisa saja kalau tips ini sudah dibagikan oleh orang lain karena memang ini merupakan tips standard. Jadi bisa saja sudah banyak orang mengetahuinya.

Akan tetapi tidak ada salahnya mencoba beberapa tips ini, karena bisa saja kamu membutuhkannya untuk ketika melakukan update windows. Yuk, kita lihat beberapa tips ketika melakukan update windows.

Tips #1. Jangan Gunakan Modem USB Berkuota, Gunakanlah Wifi Unlimited
Wifi Area Logo

Ini merupakan sara dan tips dari saya yaitu menggunakan wifi unlimited untuk update windowsmu. Yap saya tidak menyarankan kamu untuk menggunakan modem berkuota saat melakukan kegiatan update windows.

Lho, memangnya kenapa bisa begitu? Ini dilakukan untuk kamu yang nggak mau kuotamu berkurang baik sedikit maupun banyak hanya untuk update windows.

Terutama untuk kamu yang uangnya pas-pasan untuk beli kuota untuk tugas kuliah dan kamu itu tinggalnnya di kos atau kampus. Makan aja udah seadanya, masa kuota untuk tugas mau dihabisin untuk update windows.

Faktor lain dari tips ini yaitu supaya saat ditengah-tengah mengunduh file update windows tidak terhenti karena kuota internetmu habis. Bayangkan saja pas tengah-tengah mengunduh file update tiba-tiba terhenti karena kuotamu habis kan kesel.

Meski begitu sebenarnya tidak terlalu masalah jika terjadi kegagalan saat download file update, karena hal tersebut hanya menyebabkan terjadinya gagal download saja. Tapi tetap saja menyebalkan jadinya.

Nah untuk itulah saya sarankan menggunakan jaringan internet menggunakan wifi, karena selain unlimited tanpa takut kehabisan kuota menggunakan juga wifi akan lebih stabil dalam proses downloadnya.


Tapi untuk beli kuota aja bagi seorang mahasiswa kampus udah sulit luar biasa, apalagi memasang provider layanan internet yang mahal.

Buat kamu anak kost atau nggak punya modal untuk langganan wifi, saya punya tips lagi nih. Oh ya tips ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi, jadi kalau kamu suka silakan lakukan. Oke inilah beberapa tips dari saya, silakan disimak

Kunjungilah Tempat Yang Menyediakan Free Wifi
Logo Free Wifi Area Spot

Ini tentunya akan sangat menyenangkan dapat menggunakan wifi secara gratis tanpa biaya apapun. Sekarang ini sudah banyak lho tempat penyedia hotspot secara gratis atau sering disebut free hotspot area.

Nah buat kamu yang belum tahu lokasi-lokasi apa aja yang memiliki hotspot gratis saya bisa beri gambaran di bawah ini beberapa lokasi berdasarkan pengalaman saya yang menyediakan layanan wifi secara garis.

1. Sekolah, untuk kamu seorang pelajar mungkin bersekolah di sekolah dengan wifi gratis. Pada zaman sekarang kebanyakan sekolah sudah menyediakan wifi gratis. Hal ini karena internet merupakan sumber belajar yang sangat diperlukan saat ini.

Jadi wajar saja jika disekolahmu mereka memasang wifi gratisan supaya para muridnya menyelesaikan tugasnya saat itu juga. Apalagi mahasiswa, pastinya di universitas mereka sudah dipasangi wifi gratis oleh pihaknya. Masa SMP aja udah ada wifi sedangkan universitas belum.

Nah, kamu bisa memanfaatkan wifi gratis di sekolah untuk melakukan update terhadap windows milikmu. Kamu bisa download file updatenya di sekolah lalu untuk penginstallan bisa dilakukan di rumah dengan restart/reboot laptopmu.

Lumayan kalian jadi bisa update windows tanpa perlu keluar uang untuk beli kuota, cukup pakai saja wifi sekolah lalau tinggal menunggu hasil unduhannya.

2.Alun-Alun Kota, bagi kamu yang tinggal di perkotaan dan kotamu memiliki alun-alun cobalah pergi ke sana kemudian ceklah sendiri. Karena biasanya alun-alun kota bahkan kabupaten sekalipun menyediakan wifi gratis.

Yap, di alun-alun kabupaten saya merupakan free hotspot area alias tersedia hotspot gratis. Namun, saya tidak bisa menjamin alun-alun di kotamu memiliki wifi gratis sebelum mengeceknya sendiri.

Oh ya, saya tidak akan menyarankan kalian untuk pergi ke alun-alun kecamatan. Karena di alun-alun kecamatan saya tidak ada wifi sama sekali berbeda dengan alun-alun kabupaten saya yang memiliki wifi gratis untuk para pengunjungnya.

Jadi seminimal mungkin cobalah datang ke alun-alun kabupatenmu atau alun-alun kotamu lalu ceklah keberadaan wifi gratis disana.

Jika memang benar ada, silakan lakukan download file update windows dan penginstallanya bisa kalian lakukan dirumah dengan rebott/restart laptopmu.

3. Mall, tentunya kamu sekalian pasti tahu kalau mall merupakan tempat banyaknya orang berkumpul. Baik itu hanya melihat-lihat saja (cuma ngadem doang :v) maupun berbelanja atau melakukan kegiatan lainnya.

Tentunya pemilik mall akan sangat ingin pengunjungnya betah berada didalam mall meskipun itu juga cuma ngadem doang, jadi pemilik mall tentunya akan memasang wifi gratis di beberapa titik daerah mall tersebut.

Masa sih mall udah bagus-bagusnya nggak punya wifi gratis untuk para pengunjungnya, pastinya akan malu jadinya dan kurang ada kesan hebatnya.

Lagi pula memasang layanan wifi di mall bukanlah hal sulit bagi pihak mall karena mall sendiri memiliki keuntungan super besar jadi membayar tagihan wifi tidaklah terlalu sulit dan merupakan hal sepele bagi pihak mallnya.

Nah, kamu dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membawa laptopmu lalu melakukan download file update windows disana.

Apalagi bisanya wifi di mall memiliki kecepatan internet luar biasa cepatnya, jadi kamu tidak memerlukan waktu lama untuk download file update windowsnya. Lalu lakukanlah penginstalan update windows sepulangnya di rumah dengan restart laptopmu.

4. Tempat Wisata/Rekreasi, tak jarang sebuah tempat wisata maupun rekreasi memiliki wifi yang dibagikan secara gratis kepada para pengunjungnya atau bisa dikatakan free hotspot area.

Katakanlah monas dulu tidak memiliki wifi dan sekarang setelah perkembangan zaman pak Jokowi mulai memasangi monas dengan wifi sebagai hibuaran para pengunjung monas agar betah,

Nah, sekarang ini sudah banyak lho tempat rekreasi/wisata memasang wifi supaya para pengujunganya betah dan nggak mau meninggalkan tempat rekreasi tersebut.

Kamu bisa memanfaatkannya dengan melakukan download file update windows menggunakan wifi gratis tersebut kemudian melakukan pengistallanya di rumah.

Gunakan Saja Wifi Tetangga/Temanmu
Ini solusi lainnya kalau misalnya kamu nggak bisa mengunjungi tempat penyedia wifi gratisan, yap coba saja pakai wifi tetangga ataupun teman kamu.

Oh ya kalian harus pandai-pandai cari teman yang langganan wifi dirumahnya atau kostnya. Lebih beruntung lagi kalau tetanggamu punya wifi di rumahnya jadi bisa lebih mudah lagi.

Nah, kalau sudah ketemu silakan kalian meminta izin secara baik-baik untuk ikut internetan menggunakan wifi mereka.

Setelah dapat izin, segeralah update windows kalian dengan cara download dulu saja file update windowsmu kemudian lakukan penginstallanya di tempatmu. Cukup simple dan mudah untuk dilakukan selamat mencoba.

Gunakan Wifi.id atau Indischool Sebagai Pilihan Terakhir

Logo WiFi id Indonesia Wifi dan indischool (Indonesia Digital School)

Jika memang cara-cara sebelumnya tidak dapat kamu lakukan dan tidak ada satupun cara agar kalian dapat terkoneksi dengan wifi ada pilihan terakhir nih.

Cara terakhir ini masalahnya nggak gratis dan harus bayar, namun cara ini bisa terbilang lebih murah dan memang sangat murah dibandingkan kamu berlangganan wifi di rumah.

Yap kalian dapat terkoneksi dengan wifi menggunakan wifi.id atau indischool. Mungkin kalian sudah familiar dan sudah mendengarnya, yap kalau tahu berarti kalian pernah menjumpainya di suatau tempat.

Tentang Wifi.id, Indonesia Wifi atau sering disebut sebagai wifi.id (karena domainnya adalah wifi.id, id disini merupakan domain indonesia dan dengan digabungkan dengan wifi makan jadilah indonesia wifi).

Indonesia wifi ini merupakan sebuah jaringan akses brodboand sebagai penyedia layanan internet berkecepatan tinggi dan layanan multimedia lainnya. 

Indonesia Wifi ini menggunakan teknologi Wireless Fidelity atau sering diesbut sebagai (WIFI) terbaru dengan berdasarkan kepada spesifiasi EEE 802.11 yang sangat populer digunakan menghubungkan antar komputer, smartphone, laptop, dan perangkat lainnya, 

Selain itu teknologi terbaru ini sering digunakan untuk menghubungkan komputer dan perangkat lain ke internet atau ke jaringan kabel (ethernet) LAN. Teknologi terbaru ini sudah dilengkapi dengan akses kontrol dan monitoring terpadu sehingga menjadikan Indonesia Wifi/wifi.id dapat menyatukan lebih dari satu layanan broadband dengan tingkat sangat baik.

Indonesia Wifi (@wifi.id) sudah menyediakan layanan public: internet berbasis teknologi Wifi Hotspot yang luas dalam rangka mendukung program  percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di bidang ICT yang telah direncanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Tentang Indischool, Indonesia Digital School itulah kepanjangan dari Indischool yang merupakan sebuah program dari telkom. Dari namanya saja pasti kalian semua sudah tahu apa fungsi dari program tersebut? Yap, tujuannya berhubungan dengan sekolah atau pendidikan.

Indischool ini atau Indonesia Digital School ini mirip seperti wifi.id atau Indonesia Wifi yang bertujuan memajukan jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia.

Namun Indischool ini lebih ditujukan memajukan pendidikan bagi para murid agar dapat mengakses situs edukasi dengan jaringan internet super cepat demi menunjang pendidikan mereka.

Selain itu Indischool juga dapat digunakan oleh para guru sebagai sarana untuk mengakses situs edukasi sebagai bahan pembelajaran untuk para murid.

Yap, jadi kamu hanya akan bisa menemukan wifi indischool di sekolahan karena memang tujuan awalnya saja sebagai penunjang pendidikan.

Nah, mungkin kalian udah nggak asing lagi dengan wifi.id atau Indonesia Wifi, hal ini karena Wifi.id dan Indischool merupakan wifi yang tersebar luas di wilayah Indonesia, namun statusnya bukanlah sebagai wifi gratis tapi berbayar.

Namun, meskipun begitu biaya untuk connect ke wifi.id dan indischool masih tergolong murah dengan kecepatan internet tinggi. Sangat murah dibandingkan kamu harus langganan wifi dirumah.

Untuk biaya sendiri kamu sudah bisa internetan seharian hanya dengan mengorbankan pulsa Rp 5000 dan kalau mau sebulan kalian hanya perlu membayar pulsa sebesar 50000 saja.

Lalu dimana sajakah kalian bisa menemukan wifi.id dan indischool? saya akan memberitahu berdasarkan pengalaman saya, beberapa tempatnya yaitu sebagai berikut 

Note: Indischool hanya dipasang di sekolah dan setahu saya tidak dipasang di tempat lain karena fungsinya yang menunjang pendidikan bukan buat hiburan

1. Sekolah. selain terdapat wifi gratis rupanya banyak juga sekolah memiliki wifi.id dan indischool. Namun, pemasangannya  dilakukan oleh pihak telkom dan tentunya atas persetujuan dari pihak sekolahnya sendiri.

Hal ini karena biasanya jangkauan sinyal dari wifi.id dan indischool biasanya lebih jauh lho dibandingkan dengan wifi gratis dari sekolah. Jadi, tentu saja ini akan sangat membantu menjangkau kelas yang tidak tejangkau sinyal wifi gratis.

Saya pun berada di kelas yang letaknya tidak terjangkau sinyal wifi gratis dari sekolah (meskipun udah disediakan banyak, tapi nggak ada yang di dekat kelas saya). Nah, karena itu saya sering memanfaatkan wifi.id untuk internetan.

Jika begitu kalian juga dapat memanfaatkan wifi.id dan indischool untuk melakukan update windows, kamu bisa gunakan wifi.id untuk download file update windowsmu kemudian penginstalannya bisa kamu lakukan di rumah dengan restart atau reboot.

2. Alun-alun Kota, tentunya pihak telkom mau mendapatkan laba atau keuntungan dari pemasangan wifi yang mereka lakukan. Oleh karena itu memasang wifi.id di alun-alun akan sangat menguntungkan karena banyaknya pegunjung.

Yap, saya udah coba sendiri datang ke alun-alun kabupaten saya dan mengecek. Disana rupanya selain terdapat wifi gratis juga terdapat wifi.id juga lho! Namun, untuk alun-alun kecamatan janganpun wifi.id bahkan wifi gratis juga nggak ada.

Jadi saya sarankan kamu untuk mengunjungi minimal alun-alun kabupaten, namun ini juga tidak menjamin akan adanya wifi.id diwilayah tersebut. Jadi silakan kalian lakukan pengecekan sendiri.

Nah seteleh dicek dan ternyata memang benar ada wifi.id di alun-alun kotamu, maka kalian dapat download file update windowsmu dan untuk penginstallanya bisa kalian lakukan di rumah dengan cara restart laptopmu.

3. Mall, bukan hal aneh lagi kalau di mall nanti kamu akan menjumpai wifi.id di list wifi yang tersedia. Yap, karena memang Mall merupakan tempat startegis untuk menaruh wifi.

Nah, biasanya pihak telkom akan menaruh wifi.id di mall karena banyaknya pengunjung disana dan tentunya hal ini akan sngat menguntungkan bagi pihak telkomnya sendiri.

Jadi kalian bisa memanfaatkannya untuk download file update windowsmu lalu untuk penginstallnya bisa dilakukan di rumah saja.

4. Tempat wisata/rekreasi, termpat yang ramai dan banyak orangnya merupakan tempat ideal bagi pihak telkom memasang wifi.id, salah satu dari tempat tersebut adalah tempat rekereasi dan wisata.

Namun, saya tidak menjamin semua tempat rekreasi akan memiliki wifi,id, jadi silakan kamu cek sendiri saja dengan mengunjungi kesana.

Jika ternyata ada, maka kamu dapat memanfaatkannya untuk download file update windowsmu dan untuk penginstallannya sendiri bisa kamu lakukan di rumah.

Tips #2. Pastikan Daya Baterai Laptopmu Masih Penuh Atau Chargerlah Laptopmu Ketika Update Windows
Gambar Baterai Laptop

Kemudian tips berikutnya dari saya yaitu pastikan daya baterai masih cukup banyak saat kamu ingin melakukan update windows atau kalau perlu chargerlah laptopmu saat melakukan update windows.

Lho, memangnya kenapa begitu? Apakah ketika install update windows dan tiba-tiba mati akan terjadi error pada windows karena updatenya terhenti tiba-tiba?

Tidak, jika saat penginstalla file update windows laptop kalian mati karena baterainya sudah habs tidak akan terjadi error apapun karena jika terjadi demikian saat dinyalakan kembali windows akan secara otomatis melakukan install update windows secara otomatis.

Namun, saya menyarankan hal ini agar saat kamu download file update windows tidak akan mati secara tiba-tiba. Lho emangnya downloadnya akan gagal?

Tenang saja, Downloadnya tidak akan gagal atau error semua kok. Hanya saja file update yang sedang dalam proses download akan gagal nantinya.

Sebenarnya tidak terlalu masalah karena hanya akan satu file update yang gagal dan kamu pun hanya perlu download ulang file update windows tersebut.

Namun, jika ternyata file update tersebut besarnya sekitar 1 GB dan kamu harus download ulang kan melelahkan lagi nunggunya. Jadi pastikan saja daya baterai laptopmu masih cukup agar kamu tidak perlu mengambil charger atau kalau perlu sekalian aja charger laptopmu.

Tips #3. Updatelah Windowsmu Secara Rutin
Jadwal Rutinitas Update Windows

Pentingnya update windows harus membuatmu melakukannya secara rutin dan berkala atau bisa dibilang terjadwal supaya kalian bisa merasakan manfaatnya dan menghindari kerugiannya.

Namun, saya masukkan kedalam tips ini karena ini juga akan sangat membantumu nantinya selain dari memperbaiki bug atau kesalahan sistem yang ada.

Hal ini agar saat kalian melakukan update windows nantinya file update windows yang akan didownload tidak akan terlalu banyak dan terlalu besar sizenya.

Lebih baik dikerjakan secara rutin agar tidak memberatkan daripada kalian menumpuknya dan melakukan semuanya sekaligus.

Jika kamu  menumpuknya sampai file updatenya ada ratusan (nggak mungkin banget, tapi bisa jadi) dengan seluruh ukurannya sampai 3GB lebih, pastinya lama bangetkan.

Yap, kalau kamu punya jaringan internet super cepat maka 3 GB mungkin akan bisa cepat selesai, tapi untuk proses installnya sendiri tentunya tetap akan lama kecuali jika kamu memakai SSD maka akan cepat selesai.

Makanya lakukan saja secara rutin agar bebannya tidak terlalu berat. Microsoft sendiri akan memberikan update terhadap windows secara teratur setiap bulannya, tepatnya pada hari Selasa di Minggu ke 2 atau sering disebut "Patch Tuesday".

Besarnya update yang diberikan pun hanya sekitar 100 MB, namun jika kalian menunggaknya sampai 10 bulan maka updatenya bisa membludak sampai 1 GB (1000 MB). Jika terus dibiarkan maka akan semakin  banyak dan besar tentunya.

Oleh karena itu rutinlah update windows kamu setiap bulannya biar kamu sendiri tidak akan kesusahan nantinya saat melakukan update windows.

Tips #4. Update Terlebih Dahulu Yang Penting (Important) Baru Update Yang Opsional (Optional)
Prioritas Penting (Importand) dan Opsional (Optional) Update Windows

Yap, banyak pepatah atau orang mengatakan "lakukanlah dulu yang penting, buat yang tidak penting lakukanlah belakangan sesudah hal penting itu".

Tips ini saya ambil dari pepatah itu dan dari pengalaman saya sendiri dalam melakukan update terhadap windows di PC saya.

Ketika update windows mungkin kamu melihat istilah "Important" dan "Optional" atau dalam bahasa Indonesia "Penting" dan "Opsional".

Ketika filr update sudah tersedia maka bisanya kamu akan dihadirkan dalam dua opsi yaitu important dan optional seperti gambar di bawah ini

Important dan Optional Di Windows Update

Nah, kalian dapat menginstall keduanya secara bersamaan jika dirasa kalian sanggup. Namun, bila kamu tidak sanggup saya sarankan untuk memilih yang important terlebih dahulu.

Kalau milih keduanya boleh nggak? tentu saja boleh, tapi jika kamu rasa waktu luangmu hanya sedikit lebih baik memilij important dulu baru nanti kalau ada waktu luang lagi kalian bisa update opsi optionalnya.

Hal ini karena opsi important mengandung file update penting sebagai perbaikan windows seperti update security path dan semacamnya sedangkan optional mengandung file update pendukung seperti languange pack dan semacamnya.

Jadi saya sarankan buat kamu bila nggak punya waktu cukup, maka pentingkanlah file update important terlebih dahulu baru nanti update optional.

Tips #5. Updatelah File Update Dengan Jumlah dan Ukuran (Size) Semampunya
You Can, Kemampuan Secukupnya Dalam Update Windows

Setelah kamu mementingkan file update important dibandingkan dengan file update optional, maka berikutnya updatelah sesuai dengan ukuran atau size semampu kalian.

Banyak pepatah atau orang mengatakan "lakukanlah pekerjaan sesuai kemampuanmu dan lakukanlah semampumu". Nah, tips ini berdasarkan kata-kata itu dan dari pengalaman saya sendiri ketika melakukan update windows.

Saat melakukan update windows mungkin kalian akan bertemu dengan jumlah file update yang banyak dan dengan size besar tentunya.

Kalian ingin mengupdatenya, namun waktu kalian waktu itu sangat terbatas. Katakanlah saat itu kalian hanya bisa melakukan update windows hanya sebesar 500 MB dari 1 GB.

Nah kalau begitu saya masih punya tips lagi nih supaya kalian bisa update windows semampu kalian. Jadi jika kalian hanya mampu update sebesar misal 500 MB saja, maka kalian dapat memilih file update sebanyak 500 MB.

Yap, jadi windows sendiri sudah menyediakan fitur untuk select atau memilih file update mana saja yang akan di download dan di install jika kamu hanya mampu mengupdate beberapa saja. Lalu gimana caranya? silakan kalian simak dibawah ini

  • Pertama, silakan kamu klik important updates (dahulukan ini dulu dibandingkan optional)
    Klik Important Atau Optional Update
  • Kemudian kamu bisa memilih file update mana yang bisa kamu download sesuai waktu luang (bisa pilih berdasarkan jumlah dan ukuran filenya), lalu klik ok
    Pilih File Update Yang Tersedia Lalu Klik Ok
  • Terakhir setelah memilih kalian sudah bisa klik install updates untuk memulainya
    Kemudian Klik Install Updates

Dengan begini kamu nggak bisa beralasan lagi nggak bisa melakukan update windows karena kalian bisa memilih file update yang akan di install yang sekiranya kalian mampu.

Jadi kalau misalnya kamu memang nggak punya banyak waktu luang buat melakukan update windows, kalian bisa memilih file update yang akan diupdate sesuai dengan jumlah dan ukuran semampunya.

Dengan begini kamu nggak punya lagi alasan buat tidak melakukan hal penting bernama update windows, karena kamu sendiripun dapat memilahnya semampu kamu.

Kesimpulan

Nah, itulah cara mengupdate windows untuk semua versi dari windows 7, 8, 8.1, 10, bahkan windows XP. Mulailah update windowsmu dari sekarang karena seperti yang dijelaskan diatas bahwa update windows itu merupakan hal penting.

Tidak peduli banyaknya pandangan negatif yang beredar seputar update windows, tidak akan mengubah fakta bahwa update windows adalah hal yang penting.

Apalagi sudah banyak tips untuk update windows yang beredar dan mudah dilakukan. Jadi, yuk update windowsmu secara rutin mulai sekarang juga.
(http://www.sepukom.blogspot.com)

Disclaimer :

Beberapa Gambar dan video artikel pada yang terdapat blog ini terkadang berasal dari berbagai sumber dari berbagai pihak lain. Hak cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut dan pengelola blog ini tidak pernah mengaku-ngaku sebagai pemilik hak cipta tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, pihak terkait dapat menghubungi Pengelola di Halaman Kontak.

Author Profile

Share this

Silakan bagikan artikel ini jika dirasa sangat bermanfaat dan dirasa teman-temanmu perlu mengetahuinya agar tidak kudet. Setiap share yang kamu lakukan akan membantu perkembangan blog ini dan sangat berarti tentunya.

Share this with short URL: Get Short URLloading short url

Subscribe To Get Article

Related Posts

Previous
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.

Perhatian !

1. Jangan membuang-buang waktu dengan melakukan tindakan spam di kolom komentar, karena hanya komentar relevan saja yang akan diterima
2. Jika ingin menyertakan gambar, mohon dicompress terlebih dahulu di TinyPNG.com atau di CompressPNG.com
3. Tolong bantu untuk melaporkan link rusak alias error 404 not found di kolom komentar postingan yang bersangkutan atau bisa melalui Halaman Kontak
4. Jangan ragu bagi kamu yang ingin mengoreksi artikel di atas misal karena penulis memberikan informasi yang salah ataupun terdapat kata yang typo. Setiap koreksi akan sangat membantu dalam membuat artikel menjadi lebih akurat dan bermanfaat tentunya.

Pilih Sistem Komentar Yang Kamu Sukai
Blogger
Disqus

1 Response to "Cara Mudah Mengupdate atau Memperbarui Windows (XP, 7, 8, 8.1, 10) Secara Manual"

NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

Bonus yang diberikan NagaQQ :
* Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
* Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
* Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
* Minimal Depo 15.000
* Minimal WD 20.000
* Deposit via Pulsa TELKOMSEL & XL
* 6 JENIS BANK ( BCA , BNI, BRI , MANDIRI , CIMB , DANAMON )

Memegang Gelar atau title sebagai AGEN POKER ONLINE Terbaik di masanya

Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
* Poker Online
* BandarQ
* Domino99
* Bandar Poker
* Bandar66
* Sakong
* Capsa Susun
* AduQ
* Perang Bacarrat (New Game)


Info Lebih lanjut Kunjungi :
Website : NAGAQQ
Facebook : NagaQQ official
WHATSAPP : +855977509035
Line : Cs_nagaQQ
TELEGRAM :+855967014811

BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
Winner NagaQQ
Daftar NagaQQ
nagaqq
berita viral

Balas

Untuk Memasukkan Gambar Kamu Hanya Perlu Menaruh Url Gambar di Kolom Komentar